photo POSTER_zps39c54e57.jpg

Perbedaan Partikel 은/는 (eun/neun) dan 이/가 (i/ga)

Fungsi dan Perbedaan Penempatan 은/는 dan 이/가 dalam Kalimat
Dalam mempelajari bahasa Korea kita sering bingung tentang penggunaan partikel 은/는 dan 이/가 dalam suatu kalimat, karena pemakaian partikel 은/는 dan 이/가 adalah sama, yaitu diletakkan setelah subjek. Kita juga sering kebingungan tentang kapan partikel 은/는 dan 이/가 ini harus digunakan. Namun kita tidak usah takut, kalaupun kita salah menggunakannya, orang Korea masih bisa memahami maksud ucapan kita.

Karena partikel 은/는 dan 이/가 berfungsi sebagai penanda subjek, maka penggunaannya pun ditempatkan setelah subjek kalimat.

Contoh, kita akan membuat kalimat, "KUCING MAKAN IKAN".
kucing = 고양이
makan = 먹다 (bentuk dasar/kamus)
ikan = 생선

karena yang makan ikan adalah "kucing", maka kucing adalah sebagai SUBJEK (pelaku), sedangkan ikan (yang dimakan) adalah sebagai OBJEK.

Dalam tata bahasa Korea, untuk membedakan mana subjek dan mana objek diperlukan suatu partikel penanda, yang disebut partikel penanda subjek atau partikel penanda objek(을/를). (untuk lebih jelasnya tentang partikel penanda objek, baca di sini).

Maka, kalimat "KUCING MAKAN IKAN" (Subjek-Predikat-Objek) apabila diubah ke dalam pola kalimat bahasa Korea (Subjek-Objek-Predikat), akan menjadi:

고양이는 생선을 먹다. = kucing makan ikan.
atau
고양이가 생선을 먹다. = kucing (yg) makan ikan.

Di sini terlihat bahwa partikel 은/는 atau 이/가 sama-sama bisa dipasang setelah subjek kalimat, namun ada sedikit perbedaan dari segi keadaan subjek tersebut.
·    고양이는 생선을 먹다 = kucing makan ikan. ; di sini setelah 고양이 menggunakan partikel 는. Fungsi partikel 은/는 di sini adalah sebagai pembentuk topik kalimat, juga sebagai pembentuk subjek. Berarti yang menjadi topik pembicaraan sekaligus sebagai subjek dalam kalimat ini yaitu "KUCING" (고양이).
·    고양이가 생선을 먹다. = kucing (yg) makan ikan. ; di sini setelah 고양이 menggunakan partikel 가. Fungsi partikel 이/가 di sini adalah sebagai pembentuk subjek kalimat, juga sebagai PENEGAS.

Apabila kita bertanya "Siapa yang makan ikan?", jawaban yang lebih menegaskan untuk menjawab kalimat ini adalah kalimat 고양이가 생선을 먹다. = kucing (yg) makan ikan.
karena kalimat 고양이가 생선을 먹다 bisa juga diartikan: "(yg) makan ikan (adalah) kucing."
Catatan:
1.    은/는
o    은: digunakan setelah subjek yang berakhiran Konsonan.
o    는: digunakan setelah subjek yang berakhiran Vokal.
2.    이/가
o    이: digunakan setelah subjek yang berakhiran Konsonan.
o    가: digunakan setelah subjek yang berakhiran Vokal

Baca juga tulisan menarik lainnya

1 komentar:

  1. ALHAMDULILLAH
    terima kasih banyak ya sebelum'nya kpd ibu winda atas info/publikasi postingan nomor hp bpk drs HERMONO, ibu winda
    kini saudara saya sudah di berangkat'kan menjadi TKI – Ke Jepang di tahun 2016, berkat bantuan Bpk DRS HERMONO , M.A beliau yang bekerja di kantor BNP2TKI pusat jakarta beliau selaku SEKERTARIS UTAMA di kantor BNP2TKI nomor hp dinas beliau yang selalu aktif : 0853-9845-2347 bagi teman teman yang ingin berangkat menjadi TKI kontrak silah'kan hubungi bpk drs Hermono muda muda'han beliau masih bisa membantu masalah pemberangkatan anda. semoga sukses ya teman amin...amin amin....

    BalasHapus