Mengenal Orang Korea

Korea Selatan adalah negara yang menjunjung sopan santun dan kedisiplinan.
Saat bertemu pimpinan atau orang yang dihormati untuk “pertama kali”, berikan salam yang baik sambil sedikit menunduk/membungkuk.

Dalam menerima atau menyerahkan sesuatu harus selalu dengan dua tangan. Ucapkan terima kasih sewaktu diberi, dan biasakan diri memberi salam (selamat datang, selamat tinggal, selamat bekerja).
Orang Korea suka melihat hal yang rapi. Semisal dalam hal berpakaian maupun penampilan muka (rambut pendek, cukur kumis dan jenggot).

Mereka biasa dengan budaya antri dan tidak bergerombol apalagi berisik. Meminta maaf ketika salah tanpa harus memperbanyak alasan. Serta bertanya umur ketika sudah akrab adalah hal yang wajar.

Ketika orang Korea merasa dekat dengan yang lebih muda, biasanya mereka memukul ringan pada dia (bahkan kadang “memegang” dengan bercanda). Jangan merasa terserang atau merasa suatu pelecehan seksual, dan jangan melakukan hal balik kepadanya karena itu tidak sopan. Hal semacam ini hanya berlaku untuk sesama laki-laki dan dianggab wajar

Makanan yang disantap orang Korea umumnya banyak mengandung babi. Contoh makanan Korea yang mengandung babi 감자탕, 만두, 삼곕살, dan 짜장면. Dan berikut yang kadang dicampur daging babi seperti 김밥, 김치찌개, 잡채, 짬뽕, 콩비지찌개, 미역국.

Di Korea, makan di dalam kamar adalah tabu, dipercaya menjauhkan rezeki.
Sewaktu makan jangan berisik, jangan makan dengan tangan, jangan mengangkat piring, dan mulailah makan setelah yang tua terlebih dahulu.

Orang Korea sudah biasa dengan minuman keras sebagai pelepas stress, membina persahabatan dan untuk kesehatan, baik untuk laki-laki dan perempuan. Sebagian masyarakat berpandangan bila minum bersama sampai mabuk maka tidak ada rahasia lagi diantara mereka dan mereka akan saling percaya dan bersahabat.
Orang Korea sering menyuguhkan minuman beralkohol sebagai penghargaan pada teman atau tamunya. Bila kita menghadapinya, sebaiknya kita terima dulu baru kemudian diletakkan lagi dan kemudian minta minuman ringan lainnya. Dan jangan minum walau sedikit, karena itu tanda anda suka alkohol dan anda akan diajak minum sampai mabuk.

Jika anda suka alkohol maka tuangkan terlebih dahulu dengan dua tangan pada yang lebih tua. Dan ketika minum, palingkan wajah kesamping menjauh dari yang lebih tua.

Biasakan tidak merokok di bus, mobil, subway, taksi, di tempat bekerja, di depan orang tua dan di tempat dilarang merokok lainnya.

Masyarakat Korea mempunyai sikap disiplin yang tinggi dan rajin bekerja. Serta budaya 빨리빨리 ketika bekerja.

Merupakan hal yang biasa bagi orang Korea menegur atau membentak, kadang memaki bawahannya langsung saat itu juga bila melakukan kesalahan sekecil apapun.

Ekspresi stres orang Korea seperti 시팔, 개새끼, 새끼, 바보, 야 임마, 야!, 싫어, 아이고, 아이씨! Kadang sering keluar.

Anda sebagai bawahan harus sabar menghadapinya, sepanjang mereka tidak melakukan kekerasan fisik. Biasanya mereka selesai marah besoknya akan lupa (karena orang Korea tidak menyimpan dendam di hati, persoalan berhenti sampai saat itu juga).

Semoga bermanfaat.
------------------------------
NB: Tambahan untuk muslim, jangan mencuci kaki di wastafel misal untuk wudhu, karena wastafel itu untuk mencuci tangan dan muka.

Baca juga tulisan menarik lainnya

1 comment:

  1. ALHAMDULILLAH
    terima kasih banyak ya sebelum'nya kpd ibu winda atas info/publikasi postingan nomor hp bpk drs HERMONO, ibu winda
    kini saudara saya sudah di berangkat'kan menjadi TKI – Ke Jepang di tahun 2016, berkat bantuan Bpk DRS HERMONO , M.A beliau yang bekerja di kantor BNP2TKI pusat jakarta beliau selaku SEKERTARIS UTAMA di kantor BNP2TKI nomor hp dinas beliau yang selalu aktif : 0853-9845-2347 bagi teman teman yang ingin berangkat menjadi TKI kontrak silah'kan hubungi bpk drs Hermono muda muda'han beliau masih bisa membantu masalah pemberangkatan anda. semoga sukses ya teman amin...amin amin....

    ReplyDelete