Etika Dalam Bekerja Korea Selatan Yang Harus Dipahami


intinya etika saat bekerja itu disemua perusahaan pasti sama, baik perusahaan dalam negeri maupun perusahaan luar negeri. Perusahaan-perusahaan pasti akan memberlakukan ketentuan bagi karyawannya jangan sampai terlambat masuk perusahaan dan lain sebagainya. Namun untuk karyawan atau TKI yang sedang bekerja di perusahaan atau pabrik Korea, ada bedanya. Bedanya terletak pada tata cara pengucapan serta ekspresi salam terhadap teman, atasan, atau bawahan saat bertemu di lingkungan perusahaan.

Ketika sedang bekerja di pabrik Korea Selatan, mengucapkan salam saat bertemu teman, atasan, dan bawahan adalah harus dilakukan. Kemudian ekspresi tubuh ketika mengucapkan salam itu harus sambil membungkuk. Aturannya adalah sebagai berikut :

1.Membungkuk 15º – Kegiatan membungkuk ini dinamakan membungkuk ringan. Kegiatan membungkuk ringan dilakukan ketika kita berada di kamar kecil atau lorong perumahan atau apartemen demi mengakui keberadaan mereka. Kemudian saat memasuki perusahaan juga, kita boleh melakukan kegiatan membungkuk ringan ini. Melakukan salam ekspresi membungkuk ringan ini dilakukan setelah mengucapkan “Annyeong Haseyo”.

2. Membungkuk 30º – Kegiatan membungkuk ini dinamakan membungkuk normal. Kegiatan membungkuk normal ini biasa dilakukan orang Korea ketika menyambut dan meninggalkan pelanggan mereka. Kita dalam perusahaan atau pabrik disarankan melakukan membungkuk normal ini ketika kita bertemu dengan atasan atau karyawan senior.

3. Membungkuk 45º – Ini adalah ekspresi salam sambil membungkuk terakhir, dinamakan membungkuk sopan. Biasanya orang Korea melakukan kegiatan membungkuk sopan ini ketika berterima kasih atau ketika meminta ma’af. Ekspresi membungkuk ini adalah ekspresi yang paling sopan. Hal ini harus kita lakukan juga ketika sedang beraktifitas di perusahaan.
Kebiasaan dalam mengucapkan salam diikuti dengan membungkukkan badan sebaiknya kita lakukan dengan sopan dan ramah. Kita jangan menunggu orang lain untuk mengucapkan salam, ucapkan salam lebih dulu oleh kita.  Ketika bertemu dengan orang lain, jangan hanya membungkukkan badan saja. Tapi sebaiknya sapalah mereka dengan muka ramah. Namun jika Anda berada dalam situasi yang tidak memungkinkan, contohnya Anda sedang bekerja maka cukup memberi anggukan kepala saja.

Selain kebiasaan kegiatan membungkukkan badan, di Korea juga ada kegiatan menjabat tangan. Namun dalam kegiatan menjabat tangan ini ada syarat-syarat atau etika tertentunya. Berikut etika ketika kita ingin berjabat tangan dengan orang Korea supaya dikatakan sopan :

a. Dalam berjabat tangan di Korea yang harus mengulurkan tangan terlebih dahulu adalah senior;
b. Kemudian jika Anda menemukan senior ada yang mau berjabat tangan dengan Anda, maka Anda harus berekspresi dengan rasa hormat sambil membungkukkan badan sedikit;
c. Tidak sopan jika meletakkan tangan kiri Anda di atas tangan orang lain. Namun hal ini hanya berlaku bagi bawahan terhadap atasan saja. Artinya senior boleh melakukan hal tersebut untuk menunjukkan kasih sayang terhadap Anda.

Mungkin hanya itu saja beberapa etika dalam bekerja Korea Selatan yang berbeda dengan etika-etika kita. Untuk etika saat bekerja lainnya saya rasa masih ada persamaan dengan etika yang ada di negara Indonesia, diantaranya :

1. Harus datang ke tempat kerja 10 menit lebih awal untuk memberi waktu cukup persiapan;
2. Hindari melakukan panggilan telepon pribadi atau melakukan panggilan telepon terkait dengan bisnis pribadi selama jam kerja;
3. Bekerjasamalah dengan baik dan jangan melimpahkan pekerjaan Anda kepada orang lain;
4. Aturlah atau rapikan lingkungan sekitar Anda sebelum meninggalkan tempat kerja;
5. Selalu mengedepankan kegiatan bekerja keras dan rajin dalam bekerja;
6. Selalu tampil ramah dan rendah hati;
7. Bersikap jujur dan tulus;
8. Bangunlah jiwa profesionalisme dan jiwa melayani;
9. Cintailah pekerjaan dan milikilah semangat untuk terus belajar.

Baca juga tulisan menarik lainnya

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aslamu alaikum wr wb..
      bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
      dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
      sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
      dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
      namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
      akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
      saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
      demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
      ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
      dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
      dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. Tambring Abdullah hidupnya kembali sukses,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
      dan melihat langsung hasilnya, `
      saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.danainstan.xtgem.com semua petunjuk K.H. Tambring Abdullah saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
      alhamdulilah demi allah dan anak saya,
      akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
      semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
      kini saya kembali sukses terimaksih K.H. Tambring Abdullah saya tidak akan melupakan jasa aki.
      jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
      saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.danainstan.xtgem.com atau KLIK DISINI

















































































































      Delete
  2. KISAH SUKSES SAYA JADI TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS. AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku deputi Bidang penempatan BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
    Lewat akun istri saya saya ingin berbagi cerita,
    kisah cerita saya awal jadi TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
    kisah cerita saya awal jadi TKI

    Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi Beliau.
    KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM.
    Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi Keluarga saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota surabaya jawa timur, dimana struktur tanah tempat kelahiran dia adalah pegunungan dengan mata pencaharian masyarakat sekitar petani dan beternak. Pengorbanan keluarga yang selama mendidik, membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi petani, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1.
    Pada pertengahan tahun 2016 saya bertemu dengan seorang teman lama di Jalan Raya waru sidoarjo. Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT, Beliau adalah KPL DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO. Alamat BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770.
    Saya diberikan No Kontak Hp Beliau, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 4 sore, singkat cerita saya'pun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliaupun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke kantor beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang.
    Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung di dalam'nya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah dia bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri.
    Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekatpun saya belum pernah sama sekali.Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan saya, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat saya di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman di jakarta, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga.
    MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG.
    Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, saya dijemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan dia diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk deputi Bidang pempatan BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO ini No Contak HP pribadi Beliau: 0823-5240-6469 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

    ReplyDelete