Pekerja di Korea Paling Lama Habiskan Waktu di Jalan


Warga Korea Menanti Kedatangan Bis. Foto: sriharsha-tintintalks.blogspot.com
Warga Korea Menanti Kedatangan Bis.
Seoul – Para pekerja di Korea, terutama Seoul ternyata banyak habiskan waktu untuk menuju ke kantor. Data dari Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) menunjukkan bahwa mereka rata-rata perlu sekitar 58 menit untuk pergi pulang kerja. Itu jauh lebih lama dibandingkan dengan 25 negara lain yang disurvei.
[Baca Pernikahan Heboh Dua Pria Korea]
Waktu tempuh mereka 2 kali lebih lama daripada rata-rata hasil survei, yaitu 28 menit. Hal ini akibat kemacetan di beberapa jalan yang menghubungkan daerah pinggiran kota dengan pusat kota Seoul. Penyebab lain adalah kurangnya sarana transportasi yang menghubungkan kota-kota baru seperti Ilsan dan Bundang.
Suasana di Dalam Subway. Foto: topiclessbar.wordpress.com
Suasana di Dalam Subway
 
“Populasi telah meningkat dua hingga lima kali lipat di kota Ilsan dan Bundang. Namun, itu tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah sarana transportasi. Apabila waktu tempuh bisa dikurangi, kesejahteraan para komuter pun diharapkan bisa meningkat,” kata seorang peneliti di Institut Transportasi Korea seperti yang dirilis Chosun Ilbo.

Pemerintah Korea terus mencari solusinya, tetapi belum ada hasil signifikan. Sebagai perbandingan, di Norwegia, para pegawai hanya perlu sekitar 14 menit dan di Cina perlu waktu 47 menit. Tak usah tanya bagaimana Indonesia, terutama Jakarta!

Baca juga tulisan menarik lainnya

0 comments:

Post a Comment