Khusus untuk calon peserta ujian PBT 2015

Soal diambil dari mana?

Admin bukan Tuhan, bukan dukun dan bukan HRD Korea. Jadi ga usah bingung. Silakan belajar dari semua yang ada. Anda lebih cepat menguasai yang mana berarti itu lebih bagus. Jika LPK anda masih memakai textbook lama juga tidak masalah sepanjang anda mampu menguasai. Jika ada waktu luang, silakan belajar/sekedar lihat-lihat textbook yang baru agar wawasan bertambah. Jangan lupa lihat pula contoh-contoh soal yang ada.

Intinya bukan soal diambil dari mana, tapi sejauh mana anda sudah menguasai semua materi yang ada. Bukan sibuk bertanya-tanya, tapi sibuklah belajar dari yang ada jika merasa belum pintar.

Standar nilai berapa?

Belajarlah yang maksimal jika merasa kurang pintar. Kalau bisa latihan soal-soal. Salah 5, salah 3 itu dah bagus. Selanjutnya serahkan pada takdir dan keberuntungan.

Kuota berapa? Kuota siluman? Paket kelulusan?

Dari dulu sampai sekarang info-info merusak konsentrasi belajar itu selalu ada. Memanfaatkan orang-orang yang bingung untuk mendapatkan uang. Bahkan LPK yang kurang baik bisa menjadi sumber isu-isu seperti itu yang pada akhirnya tidak terbukti.

Jika anda mantap dan tidak percaya isu-isu maka anda akan tenang. Jika Korea jodoh anda maka tidak akan kemana. Lulus bukan jaminan bekerja ke Korea, apalagi jika sampai keluar uang banyak dan terlalu berharap lebih. Sakitnya tuh jika tahu ditipu.

-----------------

Khusus untuk yang sudah kirim data atau menunggu SLC.

Data bermasalah, kapan data saya disetujui?

Itu semua tergantung HRD Korea. Pertanyaannya kenapa data anda bermasalah? Apakah ceroboh isi data atau kecerobohan yang lain? Apakah memang murni salah HRD Korea? Sebaiknya jika anda sudah sending ulang memperbaiki data ya sabar menunggu dan berdoa supaya beruntung.

Kapan SLC saya turun?

Sekali lagi bekerja ke Korea itu melamar dan butuh keberuntungan. Mungkin anda masih belum beruntung. Mungkin ikthiar anda kurang. Jadi dipikir sambil iklas saja. Cari kesibukan lain. Cari usaha lain yang mungkin itu memang jalan usaha anda.

-----------------

Khusus yang sudah bekerja di Korea.

Jangan mudah menyerah jika menghadapi kerjaan berat dan beresiko. Kerja memang susah, tapi enaknya tu pas gajian. Jika anda bisa menguasai pekerjaan, maka akan menyenangkan.

Jangan lupa menabung. Jangan mau menjadi TKI selamanya. Tapi kalau terpaksa, ya jangan jadi illegal. Apalagi jika umur masih muda, maka jangan berpikir untuk illegal. Jika ada masalah semua pasti bisa diatasi jika anda percaya Tuhan.

Jangan lupa, jangan berbuat aneh-aneh di Korea. Jaga nama baik bangsa dan keluarga. Jangan buat catatan kriminal di kepolisian walau itu tidak berakibat di deportasi. Lunasi semua kewajiban sebelum pulang. Misal tagihan internet atau pajak kendaraan harus beres. Agar anda bisa balik lagi ke Korea.

 terimakasih.

Baca juga tulisan menarik lainnya

1 comment: