photo POSTER_zps39c54e57.jpg

Etika Makan Restoran Korea


Makan merupakan bagian yang sangat penting dari ke­budayaan Korea, seperti halnya kebudayaan dari bangsa lain, karena merupakan ajang kegiatan sosial yang penting dalam masyarakat.
Sejak Korea sangat dipengaruhi oleh aliran Konfusianisme, persyaratan makan mereka menjadi sangat detil.

 1. Menghormati orang tua

Adalah bagian penting dalam budaya Korea, karena itu orang yang lebih muda harus menunggu terlebih dulu sampai orang yang lebih tua sudah mengambil tem­pat duduknya. Mereka juga harus menunggu orang yang lebih tua telah menyelesaikan makan sebe­lum meninggalkan meja makan.

2. Urutan menu

Ketika menu makanan tiba di meja makan, sup atau semur harus dimakan terlebih dahulu. Kemu­dian baru Anda dapat melanjutkan menyantap nasi dan lauk pauknya.

3. Berbagi menu


Masakan yang direbus, sup, dan hidangan daging, akan disajikan dalam periuk besar, bukan dalam porsi individu. Orang Korea sangat menyukai berbagi makanan, karena mereka percaya bahwa dengan ber­bagi akan membuat orang merasa lebih dekat, memperkuat hubungan yang telah terjalin. Namun, bagi orang yang tidak ingin berbagi dari satu periuk, maka akan dilayani se­cara individual.

4. Membersihkan sendok


Akan dianggap tidak sopan apabila meninggalkan sisa makan­an di sendok.

5. Setelah makan


Setelah makan selesai, sumpit dan sendok harus kembali pada po­sisi semula.

6. Mengisi ulang cangkir

Ketika minum, cangkir akan di­isi ulang oleh sesama teman makan, hal ini dikarenakan perilaku mem­biarkan cangkir kosong akan di­anggap tindakan yang kurang so­pan, tak peduli apakah itu air putih ataupun alkohol.

7. Membayar tagihan

Menurut kebiasaan di Korea, orang yang lebih tua akan mem­bayar tagihan semua orang dalam suatu kelompok. Biasanya, orang yang dibayari akan membalasnya saat makan bersama selanjutnya.

Bentuk Sumpit

Sumpit Korea terbuat dari stainless steel, tidak seperti nega­ra-negara Asia lain yang biasanya terbuat dari bambu maupun kayu. Sumpit Korea lebih pendek daripa­da sumpit Tiongkok, namun lebih panjang daripada sumpit Jepang. Bagian cengkeraman jari dari sumpit biasanya dihiasi dengan be­berapa desain atau ornamentasi.

Minuman

Biasanya, minuman air putih atau teh hijau akan disajikan di restoran Korea. Untuk acara minum Soju, atau alkohol khas Korea, gelas terpisah akan disediakan oleh restoran Ko­rea.

Makgeolli, atau bir Korea, biasanya diminum dengan menggu­nakan mangkuk makan.

Tempat duduk

Di Korea, orang biasanya makan dengan duduk di lantai, dan akan disediakan beberapa bantal kecil untuk memberikan kenya­manan duduk. Selain itu, pengun­jung harus melepas alas kakinya se­belum duduk. Lantai tempat makan biasanya akan dihangatkan terlebih dahulu, sehingga akan membuat pengunjung tetap merasa nyaman. Namun, saat ini di Korea, meja dan kursi juga marak disediakan.

[sumber: erabaru, naver, daum]

Baca juga tulisan menarik lainnya

0 komentar:

Posting Komentar